KOMUNIKASI MASSA DAN KEBANGSAAN

Makalah disampaikan pada Seminar Sehari Komunikasi Massa yang Berwawasan Kebangsaan, Pusat Studi Pengembangan Wawasan Kebangsaan, Yogyakarta 28 September 1995

AUTHOR:
Ashadi Siregar

INTRODUCTION:
Komunikasi massa, kegiatan penggunaan media massa, berlangsung untuk alam pikiran. Informasi yang disampaikan melalui media massa, pada dasarnya untuk mengisi dunia alam pikiran khalayaknya. Dari sini fungsi media massa dapat dibedakan melalui dua tipologi, pertama difungsikan untuk mengubah alam pikiran khalayak, dan kedua untuk memenuhi motivasi khalayak (McQuail, 1987). Secara sederhana media massa tipe pertama dilihat nilai gunanya bagi komunikator, sedang yang tipe kedua bernilai guna bagi komunikan.
Pada sisi lain, orientasi media massa dapat dilihat dari pengutamaan muatan informasi yang disampaikan kepada khalayak. Untuk itu dapat dibedakan antara media massa yang berorientasi informasional dengan orientasi hiburan. Orientasi pertama membawa khalayak ke dunia sosial bersifat obyektif dan empiris, sementara yang yang kedua membawa ke dunia psikologis bersifat subyektif dan imajinatif.
Dari perbedaan orientasinya inilah pilihan informasi dijalankan. Media massa berorientasi informasional akan mengutamakan materi informasi bersifat faktual, sedang yang berorientasi hiburan menitik-beratkan pada materi informasi bersifat fiksional. Media massa semacam suratkabar harian misalnya, berorientasi informasional, sehingga mengutamakan materi faktual. Berbeda halnya dengan media siaran televisi (tv-broadcasting) yang berorientasi hiburan, dengan mengutamakan materi fiksional.

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD MASS COMMUNICATION

0 comments:

Post a Comment